Minggu, 10 Juni 2012

RPP Webbing II


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
MODEL WEBBED

Satuan Pendidikan        :        Sekolah Dasar
Kelas/ Semester             :        I/ 1
Program Keahlian         :        Guru Kelas
Mata Pelajaran/ Tema   :        (Bahasa Indonesia, IPA, Matematika, dan SBK) / Anggota tubuhku
Alokasi Waktu              :        4 x 35 menit


I.       Tahap Perencanaan
A.    Standar Kompetensi
·         Bahasa  Indonesia
      Berbicara
2.      Mengungkapkan pikiran, perasaan dan informasi secara lisan dengan perkenalan dan tegur sapa, pengenalan fungsi anggota tubuh dan deklamasi.
·         IPA
1.      Mengenal anggota tubuh dan kegunaannya serta cara perawatannya.
·         Matematika
1.      Melakukan  penjumlahan danpengurangan bilangan sampai 20
·         SBK
      Seni Musik
4.      Mengekspresikan diri melalui karya seni musik.

B.     Kompetensi Dasar
·         Bahasa Indonesia
2.3  Mendeskripsikan benda-benda di sekitar dan fungsi anggota tubuh dengan kalimat   sederhana.
·         IPA
1.1  Mengenal bagian-bagian anggota tubuh dan kegunaannya serta cara perawatannya
·          Matematika
1.1  Membilang banyak benda
·          SBK
4.5  Menyanyikan lagu anak-anak secara individual, kelompok maupun klasikal.

C.    Tujuan Pembelajaran
·         Dengan menggunakan gambar tubuh manusia siswa dapat menunjukkan bagian “anggota tubuhku”.
·         Dengan melakukan simulasi fungsi anggota tubuh siswa dapat menjelaskan fungsi “anggota  tubuhku” sengan kalimat sederhana.
·         Dengan melakukan tanya jawab mengenai perawatan anggota tubuh, siswa dapat menyebutkan cara perawatan bagian “anggota tubuhku”.
·         Dengan menggunakan chart lagu “Dua Mata Saya”, siswa dapat menyanyikan lagu tentang “anggota tubuhku”.
·         Dengan menggunakan gambar tubuh manusia, siswa dapat menghitung jumlah bagian “anggota tubuhku”.

D.    Karakter yang dikembangkan
Setelah pembelajaran ini siswa diharapkan dapat mengembangkan rasa ingin tahu, teliti, disiplin, dan menyayangi.

E.     Rancangan Aktivitas Pembelajaran
·         Menunjukkan bagian “anggota tubuhku”
·         Menjelaskan fungsi “anggota tubuhku” dengan kalimat sederhana
·         Menyebutkan cara perawatan bagian “anggota tubuhku”
·         Menyanyikan lagu tentang “anggota tubuhku”
·         Menghitung jumlah bagian “anggota tubuhku”

F.     Konsep yang terkait
·         Menyebutkan bagian-bagian anggota tubuhku
·         Menjelaskan perawatan anggota tubuhku
·         Menyanyikan tentang anggota tubuhku
·         Menghitung jumlah bagian anggota tubuhku

G.    Keterampilan yang dikembangkan
·         Menunjukkan
·         Menjelaskan
·         Menyebutkan
·         Menyanyikan
·         Menghitung

H.    Media dan Sumber Belajar
v  Media
·         Gambar manusia
·         Chart lagu “Dua Mata Saya”
v  Sumber Bahan Ajar
·         BSNP. 2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan SD/MI. Jakarta: Depdiknas
·         Nurcholis, Hanif dan Mafrukhi. 2007. Saya Senang Bahasa Indonesia untuk Sekolah Dasar kelas 1. Jakarta: Erlangga
·         Haryanto. 2007. Sains untuk sekolah Dasar kelas 1. Jakarta: Erlangga
·         Khafid, M dan Suyati. 2006. Pelajaran Matematika untuk Sekolah Dasar kelas 1. Jakrta: Erlangga
·         Tim Bina Karya Guru. 2007. Seni Budaya dan Keterampilan untuk Sekolah Dasar kelas 1. Jakarta: Erlangga

I.       Peta Konsep
Add caption
II.    Tahap Pelaksanaan
A.    Pengelolaan Kelas
·         Salam
·         Do’a
·         Mengecek kehadiran siswa
·         Mengecek kesiapan siswa
·         Appersepsi
·         “Anak-anak, coba kalian perhatikan  apa yang ibu pegang..Kalian tahu apa nama barang ini? Bisa tidak kalian melihatnya?, Bisa mendengar bunyinya?, Bisa memegangnya tidak?. Nah, sekarang mengapa kita bisa melihat, mendengar, dan memegang barang ini?”
·         Informasi tujuan dan kegiatan pembelajaran
      “Nah anak-anak, maka dari itu, ibu harapkan kalian nanti bisa menyebutkan apa-apa saja yang ada pada tubuh kita, bagaimana cara merawatnya dan berapa jumlah dari bagiannya. Nanti kita akan bernyanyi bersama-sama. Kalian mau anak-anak?”

B.     Kegiatan Pembelajaran
·         Siswa mengamati gambar tubuh manusia
·         Siswa menunjukkan gambar dan menyebutkan nama-nama anggota tubuh manusia
·         Siswa menunjukkan anggota tubuh masing-masing
·         Siswa menyanyikan lagu “Dua Mata Saya”
·         Siswa melakukan simulasi mengenai fungsi anggota tubuhku
·         Siswa menyebutkan fungsi anggota tubuh
·         Siswa dengan bimbingan guru melakukan tanya jawab mengenai cara perawatan anggota tubuh
·         Siswa menyebutkan cara perawatan anggota tubuh
·         Siswa dengan bimbingan guru menghitung jumlah anggota bagian tubuhku
·         Siswa menghitung jumlah bagian anggota tubuh masing-masing dengan jumlah 1-5
·         Siswa mendapat penguatan dari guru atas keberhasilannya membilang bagian anggota tubuh masing-masing.
·         Siswa dengan bimbingan guru melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang dilakukan.
·         Siswa diberikan kesempatan untuk bertanya mengenai hal-hal yang belum diketahui.
                        
III. Tahap Kulminasi
A.    Pelaporan/ Pembahasan Hasil Pembelajaran
·         Siswa dengan bimbingan guru menyimpulkan materi yang diberikan.
·         Siswa dengan bimbingan guru menyampaikan kepuasannya terhadap proses pembelajaran.
·         Guru menginformasikan kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan pada pertemuan berikutnya.

B.     Evaluasi
1.      Evaluasi Proses
Evaluasi berkaitan dengan proses kegiatan, antara lain:
·         Siswa berani menunjukkan dan menyebutkan bagian anggota tubuh.
·         Ketepatan siswa dalam menghitung jumlah bagian anggota tubuhku
·         Keaktifan siswa dalam pembelajaran
·         Kesungguhan siswa dalam pembelajaran
2.      Evaluasi Hasil
·         Kelancaran siswa dalam menyebutkan bagian anggota tubuh
·         Ketepatan siswa dalam menjelaskan cara perawatan anggota tubuh
·         Ketepatan siswa dalam menghitung jumlah bagian anggota tubuh
·         Ketepatan siswa menjawab pertanyaan dari guru secara lisan

Pontianak, 7 juni 2012
Pembimbing                                                                                  Praktikan


Prof. Dr. H. Marzuki, M. Ed, MA, SH                                         Dwita Purnama Sari
NIP:                                                                                              NIM: F37009036


LAMPIRAN
Format penilaian sikap
No
Nama Siswa
Aspek yang di nilai
Jumlah
Keberanian
Ketepatan
Keaktifn
1





2





3





4





5












Ket: Rentangan Nilai
·         Keaktifan               = 0 – 100
·         Kesungguhan         = 0 – 100
·         Kaberanian             = 0 – 100
Skor maksimal       = 300
Kriteria:
·         A  = baik sekali (80 – 90)
·         B  = baik (70 – 79)
·         C  = cukup (60 – 69)
·         D  = kurang (50 – 59)

Tes Lisan
1)      Apakah nama bagian tubuh yang berfungsi untuk melihat?
2)      Apa yang kita lakukan agar gigi kita selalu bersih?
3)      Berapakah jumlah mata kita?

Tidak ada komentar: