RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
MODEL
WEBBED
Satuan
Pendidikan : Sekolah Dasar
Kelas/
Semester : I/ 1
Program
Keahlian : Guru Kelas
Mata
Pelajaran/ Tema : (Bahasa Indonesia, IPA, Matematika, dan SBK) / Anggota
tubuhku
Alokasi
Waktu : 4 x 35 menit
I.
Tahap
Perencanaan
A.
Standar
Kompetensi
·
Bahasa Indonesia
Berbicara
2. Mengungkapkan
pikiran, perasaan dan informasi secara lisan dengan perkenalan dan tegur sapa,
pengenalan fungsi anggota tubuh dan deklamasi.
·
IPA
1. Mengenal
anggota tubuh dan kegunaannya serta cara perawatannya.
·
Matematika
1. Melakukan penjumlahan danpengurangan bilangan sampai 20
·
SBK
Seni Musik
4. Mengekspresikan
diri melalui karya seni musik.
B. Kompetensi Dasar
·
Bahasa
Indonesia
2.3 Mendeskripsikan
benda-benda di sekitar dan fungsi anggota tubuh dengan kalimat sederhana.
·
IPA
1.1 Mengenal
bagian-bagian anggota tubuh dan kegunaannya serta cara perawatannya
·
Matematika
1.1 Membilang
banyak benda
·
SBK
4.5 Menyanyikan
lagu anak-anak secara individual, kelompok maupun klasikal.
C. Tujuan Pembelajaran
·
Dengan menggunakan gambar tubuh manusia
siswa dapat menunjukkan bagian “anggota tubuhku”.
·
Dengan melakukan simulasi fungsi anggota
tubuh siswa dapat menjelaskan fungsi “anggota
tubuhku” sengan kalimat sederhana.
·
Dengan melakukan tanya jawab mengenai
perawatan anggota tubuh, siswa dapat menyebutkan cara perawatan bagian “anggota
tubuhku”.
·
Dengan menggunakan chart lagu “Dua Mata
Saya”, siswa dapat menyanyikan lagu tentang “anggota tubuhku”.
·
Dengan menggunakan gambar tubuh manusia,
siswa dapat menghitung jumlah bagian “anggota tubuhku”.
D. Karakter yang dikembangkan
Setelah
pembelajaran ini siswa diharapkan dapat mengembangkan rasa ingin tahu, teliti,
disiplin, dan menyayangi.
E. Rancangan Aktivitas Pembelajaran
·
Menunjukkan bagian “anggota tubuhku”
·
Menjelaskan fungsi “anggota tubuhku”
dengan kalimat sederhana
·
Menyebutkan cara perawatan bagian
“anggota tubuhku”
·
Menyanyikan lagu tentang “anggota
tubuhku”
·
Menghitung jumlah bagian “anggota
tubuhku”
F. Konsep yang terkait
·
Menyebutkan bagian-bagian anggota
tubuhku
·
Menjelaskan perawatan anggota tubuhku
·
Menyanyikan tentang anggota tubuhku
·
Menghitung jumlah bagian anggota tubuhku
G. Keterampilan yang dikembangkan
·
Menunjukkan
·
Menjelaskan
·
Menyebutkan
·
Menyanyikan
·
Menghitung
H. Media dan Sumber Belajar
v Media
·
Gambar manusia
·
Chart lagu “Dua Mata Saya”
v Sumber Bahan Ajar
·
BSNP. 2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan SD/MI. Jakarta: Depdiknas
·
Nurcholis, Hanif dan Mafrukhi. 2007. Saya Senang Bahasa Indonesia untuk
Sekolah Dasar kelas 1. Jakarta: Erlangga
·
Haryanto. 2007. Sains untuk sekolah Dasar kelas 1. Jakarta: Erlangga
·
Khafid, M dan Suyati. 2006. Pelajaran Matematika untuk Sekolah
Dasar kelas 1. Jakrta: Erlangga
·
Tim Bina Karya Guru. 2007. Seni Budaya dan Keterampilan untuk
Sekolah Dasar kelas 1. Jakarta: Erlangga
I. Peta Konsep
Add caption |
II.
Tahap
Pelaksanaan
A. Pengelolaan Kelas
·
Salam
·
Do’a
·
Mengecek kehadiran siswa
·
Mengecek kesiapan siswa
·
Appersepsi
·
“Anak-anak, coba kalian perhatikan apa yang ibu pegang..Kalian tahu apa nama
barang ini? Bisa tidak kalian melihatnya?, Bisa mendengar bunyinya?, Bisa memegangnya
tidak?. Nah, sekarang mengapa kita bisa melihat, mendengar, dan memegang barang
ini?”
·
Informasi tujuan dan kegiatan
pembelajaran
“Nah anak-anak, maka dari itu, ibu harapkan
kalian nanti bisa menyebutkan apa-apa saja yang ada pada tubuh kita, bagaimana
cara merawatnya dan berapa jumlah dari bagiannya. Nanti kita akan bernyanyi
bersama-sama. Kalian mau anak-anak?”
B. Kegiatan Pembelajaran
·
Siswa mengamati gambar tubuh manusia
·
Siswa menunjukkan gambar dan menyebutkan
nama-nama anggota tubuh manusia
·
Siswa menunjukkan anggota tubuh
masing-masing
·
Siswa menyanyikan lagu “Dua Mata Saya”
·
Siswa melakukan simulasi mengenai fungsi
anggota tubuhku
·
Siswa menyebutkan fungsi anggota tubuh
·
Siswa dengan bimbingan guru melakukan
tanya jawab mengenai cara perawatan anggota tubuh
·
Siswa menyebutkan cara perawatan anggota
tubuh
·
Siswa dengan bimbingan guru menghitung
jumlah anggota bagian tubuhku
·
Siswa menghitung jumlah bagian anggota
tubuh masing-masing dengan jumlah 1-5
·
Siswa mendapat penguatan dari guru atas
keberhasilannya membilang bagian anggota tubuh masing-masing.
·
Siswa dengan bimbingan guru melakukan
refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang dilakukan.
·
Siswa diberikan kesempatan untuk
bertanya mengenai hal-hal yang belum diketahui.
III. Tahap Kulminasi
A. Pelaporan/ Pembahasan Hasil
Pembelajaran
·
Siswa dengan bimbingan guru menyimpulkan
materi yang diberikan.
·
Siswa dengan bimbingan guru menyampaikan
kepuasannya terhadap proses pembelajaran.
·
Guru menginformasikan kegiatan
pembelajaran yang akan dilakukan pada pertemuan berikutnya.
B. Evaluasi
1. Evaluasi
Proses
Evaluasi berkaitan dengan proses
kegiatan, antara lain:
·
Siswa berani menunjukkan dan menyebutkan
bagian anggota tubuh.
·
Ketepatan siswa dalam menghitung jumlah
bagian anggota tubuhku
·
Keaktifan siswa dalam pembelajaran
·
Kesungguhan siswa dalam pembelajaran
2. Evaluasi
Hasil
·
Kelancaran siswa dalam menyebutkan
bagian anggota tubuh
·
Ketepatan siswa dalam menjelaskan cara
perawatan anggota tubuh
·
Ketepatan siswa dalam menghitung jumlah
bagian anggota tubuh
·
Ketepatan siswa menjawab pertanyaan dari
guru secara lisan
Pontianak,
7 juni 2012
Pembimbing Praktikan
Prof.
Dr. H. Marzuki, M. Ed, MA, SH Dwita Purnama Sari
NIP: NIM:
F37009036
LAMPIRAN
Format
penilaian sikap
No
|
Nama Siswa
|
Aspek yang di nilai
|
Jumlah
|
||
Keberanian
|
Ketepatan
|
Keaktifn
|
|||
1
|
|||||
2
|
|||||
3
|
|||||
4
|
|||||
5
|
|||||
Ket: Rentangan Nilai
·
Keaktifan = 0 – 100
·
Kesungguhan = 0 – 100
·
Kaberanian = 0 – 100
Skor maksimal = 300
Kriteria:
·
A =
baik sekali (80 – 90)
·
B =
baik (70 – 79)
·
C =
cukup (60 – 69)
·
D =
kurang (50 – 59)
Tes
Lisan
1) Apakah
nama bagian tubuh yang berfungsi untuk melihat?
2) Apa
yang kita lakukan agar gigi kita selalu bersih?
3) Berapakah
jumlah mata kita?
Tidak ada komentar:
Posting Komentar