RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
MODEL
WEBBING
Tema :
Ayahku
Kelas/ Semester : II/ 1
I.
Tahap
Perencanaan
A. Standar Kompetensi
§ PKn
1. Membiasakan
hidup bergotong royong
§ Bahasa Indonesia
4. Menulis permulaan melalui kegiatan melengkapi
cerita dan dikte
§ Matematika
2. Menggunakan
pengukuran waktu, panjang, dan berat dalam pemecahan masalah
§ SBK
3. Mengekspresikan
diri melalui karya seni music
B. Kompetensi Dasar
§ PKn
1.2 Mengenal
pentingnya hidup rukun, saling berbagi dan tolong menolong.
§ Bahasa Indonesia
4.1 melengkapi cerita
sederhana dengan kata yang tepat
§ Matematika
2.1 menggunakan alat
ukur waktu dengan satuan jam
§ SBK
4.3 Menyanyikan lagu
wajib dan lagu anak dengn atau tanpa iringan sederhana
C. Indikator Pencapaian Kompetensi
·
Menyebutkan 2 manfaat sikap
tolong-menolong pada cerita “Ayahku”.
·
Melengkapi isi cerita “Ayahku” dengan
kata yang tepat.
·
Menghitunng waktu bekerja Ayah pada
cerita “Ayahku” dengan menggunakan jam.
·
Menyanyikan lagu tentang “Ayahku”
D. Tujuan Pembelajaran
1. Dengan
melakukan Tanya Jawab mengenai cerita “Ayahku”, siswa dapat menyebutkan 2
manfaat pentingnya sikap tolong menolong.
2. Dengan
menggunakan chart pasang kata, siswa dapat melengkapi isi tentang cerita
“Ayahku”.
3. Dengan
melakukan demonstrasi menggunakan jam, siswa dapat menghitung waktu bekerja
Ayah pada cerita “Ayahku”.
4. Dengan
menggunakan chart lagu “Satu-satu Aku Sayang Ibu”, siswa dapat menyanyikan lagu
tentang “Ayahku”.
E. Dampat Pengiring
Setelah
pembelajaran ini, secara berangsur-angsur siswa diharapkan dapat mengembangkan
sikap peduli, tolong menolong, toleransi, kerjasama, tanggung jawab, disiplin,
kasih sayang, dan teliti dalam kehidupan sehari-hari.
F. Peta Konsep
G. Rancangan Aktivitas Pembelajaran
1. Menyimak
penjelasan cerita “Ayahku”.
2. Menghitung
waktu menggunakan jam.
3. Menyebutkan
2 manfaat pentingnya sikap tolong menolong.
4. Menyanyikan
lagu tentang “Ayahku”
5. Melengkapi
cerita tentang “Ayahku”.
H. Media dan Sumber Pembelajaran
1. Media
·
Chart cerita “Ayahku”
·
Chart pasang kata
·
Manipulasi jam
·
Chart lagu tentang “Ayahku”
2. Sumber
Belajar
·
BSNP, 2006. KTSP SD/ MI Mata Pelajaran
PKn, BI, Matematika, SBK. Jakarta: Depdiknas.
·
Nurcholis, Hanif dan Mafrukhi. 2006.
Saya Senang Berbahasa Indonesia untuk Sekolah Dasar kelas II. Jakarta:
Erlangga.
·
Bkg for education. 2006. Pendidikan
Kewarganegaraan untuk SD kelas II. Jakarta: Erlangga.
·
Tim Bina Karya Guru. 2007. Seni Budaya
dan Keterampilan. Jakarta: Erlangga.
II.
Tahap
Pelaksanaan
A. Kegiatan Awal
1. Salam
2. Do’a
3. Mengecek
kehadiran siswa
4. Appersepsi
“Anak-anak, hari ini
kalian bawa uang jajan tidak?. Siapa yang member kalian uang jajan?”
5. Informasi
Tujuan Pembelajaran
Nah, anak-anak pada
hari ini ibu akan mengajar kalian mengenai “Ayahku”, dan ibu harapkan nanti
kalian dapat:
·
Menyebutkan 2 manfaat sikap
tolong-menolong pada cerita “Ayahku”.
·
Melengkapi isi cerita “Ayahku” dengan
kata yang tepat.
·
Menghitunng waktu bekerja Ayah pada
cerita “Ayahku” dengan menggunakan jam.
·
Menyanyikan lagu tentang “Ayahku”
Maka dari itu, Ibu
harap kalian bisa mengikuti pembelajaran dengan serius ya…jangan ada yang
main-main.
B. Kegiatan Inti
Ø Eksplorasi
1. Siswa
bersama guru membaca cerita “Ayahku” yang telah di temple di papan tulis.
2. Siswa
menyimak cerita tentang “Ayahku” yang dijelaskan Guru
Ø Elaborasi
1. Siswa
mendemonstrasikan penghitungan waktu bekerja ayah pada cerita “Ayahku”
menggunakan jam.
2. Siswa
menyebutkan 2 manfaat pentingnya sikap tolong menolong dari cerita “Ayahku”.
3. Siswa
menyanyikan lagu tentang “Ayahku”.
4. Siswa
membantu guru menempelkan chart pasang kata pada papan tulis.
5. Siswa
memasangkan kata-kata yang tepat pada kalimat dalam cerita “Ayahku”.
Ø Konfirmasi
1. Siswa
mendapat penguatan dari guru atas keberhasilan mereka dalam memasangkan
kata-kata yang tepat pada cerita “Ayahku”.
2. Siswa
mendapat kesempatan untuk menanyakan hal-hal yang belum diketahui.
3. Siswaq
bersama guru meluruskan manfaat tolong-menolong.
C. Kegiatan Penutup
1. Siswa
dengan bimbingan guru menyimpulkan materi pembelajaran.
2. Siswa
mengerjakan latihan-latihan.
3. Tindak
lanjut
Guru memberikan siswa
PR serta mengingatkan untuk belajara dirumah
4. Refleksi
5. Guru
menutup pembelajaran.
III. Tahap Kulminasi
Evaluasi
1.
Evalusi Proses
Aspek-aspek
yang dinilai adalah
·
Keberanian siswa dalam menyebutkan
manfaat tolong-menolong.
·
Ketepatan siswa dalam memasangkan
kalimat dengan kata yang tepat pada cerita Ayahku.
·
Keaktifan siswa dalam kegiatan
pembelajaran.
2.
Evaluasi Hasil
·
Jawaban latihan-latihan.
Lampiran-lampiran
Cerita “Ayahku”
Ayahku Seorang Nelayan
Namaku
Midah
Ayahku
bernama Pak Salim
Ia
seorang nelayan
Setia
malam, pukul 09.00 malam ia pergi ke laut.
Ia
mencari ikan dengan perahu layar.
Pagi-pagi,
sekitar pukul 06.00 sebelum aku pergi sekolah.
Ayah
pulang
Ia
selalu membawa banyak ikan.
Aku
selalu membantu ayah membawa ikan.
Sebagian
ikan itu ayah jual di pasar
Sebagian
lagi kami makan
Itulah
pekerjaan ayahku
Aku
sayang Ayahku
Lagu tentang “Ayahku”
Kasih
Ayah
Kasih
Ayah..kepada beta..
Tak
terhingga sepanjang masa.
Hanya
memberi tak harap kembali
Bagai
sang surya menyinari dunia.
Format
Penilaian proses
No
|
Nama Siswa
|
Aspek yang di
nilai
|
Keterangan
|
||
Keberanian
|
Ketepatan
|
Keaktifan
|
|||
1.
|
|||||
2.
|
|||||
3.
|
|||||
4.
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar