Selasa, 12 Juni 2012

Pengembangan ICT


PENGEMBANGAN ICT
(INFORMATION & COMMUNICATION TECHNOLOGY)

Kosep Dasar Media Pembelajaran Berbasis ICT
1.    Pengertian Media Pembelajaran Berbasis ICT
Media pembelajaran berbasis ICT adalah alat yang digunakan dalam proses pembelajaran dengan memanfaatkan teknologi informasi.
Dalam sistem ini interaksi antar pendidik dan peserta didik tidak harus saling bertatap muka secara fisik seperti halnya dalam sistem pendidikan konvensional, mereka bertemu dalam ruang teknologi informasi (internet) dengan memanfaatkan suatu media yang disebut komputer.
Beberapa media yang dapat digunakan dalam pembelajaran berbasis ICT, adalah
a.      Internet
Internet adalah media sesungguhnya dalam pendidikan berbasis TI, karena perkembangan internet kemudian muncul model-model e-learning, distance learning, web base learning, dan istilah pendidikan berbasis TI lainnya.
Pemanfaatan internet dalam media pembelajaran dapat dilakukan dalam tiga bentuk, yaitu:
1)      Web Course, yaitu penggunaan internet untuk keperluan pembelajaran, dimana seluruhbahab belajar, diskusi, konsultasi, penugasan, latihan dan ujian sepenuhnya disampaikan melalui internet.
2)      Web Centric Course, yaitu sebagian bahan belajar, diskusi, konsultasi, penugasan, dan latihan disampaikan melalui internet, sedangkan ujian dan sebagian konsultasi, diskusi, dan latihan dilakukan secara tatap muka.
3)      Web Enhanced Course, yaitu pemanfaatan internet untuk pendidikan, untuk menunjang peningkatan kualitas kegiatan pembelajaran dikelas. Bentuk ini dikenal juga dengan istilah web lite course karena kegiatan pembelajaran utama adalah tatap muka dikelas.
b.      Intranet
Karakteristik intranet hampir sama dengan internet, hanya saja dalam areal lokal (dalam suatu kelas, sekolah, gedung, atau antar gedung). Model-model pembelajaran sinkron dan tidak sinkron dapat dengan mudah dan lebih murah dijalankan pada internet.
c.       Mobile Phone
Pembelajaran berbasis TI ini dilakukan dengan menggunakan media telpon seluler, hal ini dapat dilakukan karena kemajuan teknologi telpon seluler yang pesat.
d.      CD-ROM/ Flash Disk
Media ini dapat dijadikan pilihan apabila koneksijaringan internet/ intranet tidak tersedia. Pemanfaatan media ini merupakan bentuk pembelajaran berbasis TI yang paling sederhana dan paling murah.

2.    Fungsi dan Manfaat MediaPembelajaran Berbasis ICT
ICT memiliki tiga fungsi utama yang digunakan dalam kegiatan pembelajaran, yaitu: (1) sebagai alat (tools) untuk membantu pembelajaran, (2) sebagai ilmu pengetahuan (science), (3) sebagai bahan dan alat bantu untuk pembelajaran (literacy).

Pengembangan Media Slide Power Point
1.    Mengenal program Power Point
Microsoft Power Point adalahsuatu software yang akan membantu dalam menyusun sebuah presentasi yang efektif, professional, dan juga mudah.

2.    Manfaat program Power Point dalam Pembelajaran PAI
       Adapun manfaat power point dalam pembelajaran PAI adalah:
a.       Penyampaian materi pembelajaran lebih menarik
b.      Menciptakan pembelajaran yang efektif dan efisien
c.       Materi pembelajaran disampaikan secara utuh melalui pointer-ponter materi
3.    Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Slide Power Point
a.       Pengenalan layar kerja power point
b.      Manipulasi teks dan gambar
c.       Membuat slide presentasi

Pengembangan Media Pembelajaran PAI berbasis ICT
1.    Search Engine
Search engine adalah salah satu fasilitas internet yang dijalankan melalui browser untuk mencari informasi yang kita inginkan. Search engine menampung database situs-situs dari seluruh dunia yang jumlahnya milyaran halaman web, cukup dengan memasukkan kata kunci maka search egine akan menampilkan beberpa link situs disertai dengan keterangan singkat.
2.    Email
Email adalah surat elektronik. Melalui email kita dapat mengirim surat elektronikbaik berupa teks maupun gabungan dengan gambar, yang dikirimkan dari satu alamat email ke alamat lain di jaringan internet.
3.    Mailing List
Mailing list merupakan salah satu fasilitas internet untuk berdiskusi melalui e-mail, kelompok diskusi mailing list dibagi menjadi 2 kategori:
·         Berdasarkan topik, topik mailing list beraneka ragam mulai dari tentang hobby memelihara ikan sampai penelitian tentang NASA, biasanys mailing list ini terbuka untuk umum.
·         Berdasarkan kelompok tertentu, misalnya mailing list medan-Linux, PMII, Alumni-Binus, dll. Biasanya mailing list ini tertutup atau hanya untuk anggota saja.
4.    Blog
Blog adalah situs web anda yang mudah digunakan, fasilitas ini dapat dengan cepat memposting pemikiran anda, berinteraksi dengan orang lain, mempublikasikan karya, pengumuman dan banyak lagi keuntungan lainnya. Karena murah dan praktis blog bisa digunakan tidak hanya untuk kepentingan komunikasi tetapi juga digunakan sebagai media pembelajaran yang memungkinkan semua orang bisa mengaksesnya.

Mengenal Program Aplikasi dalam Pembelajaran PAI
Program Aplikasi Dalam Pembelajaran PAI
Ada banyak program aplikasi berbasis ICT yang dapat digunakan dalam pembelajaran PAI, baik yang dapat dibeli di toko-toko komputer maupun yang dapat di download secara bebas di internet, diantaranya:
1.    Program Al-Qur’an Flash
       Program ini adalah mushaf al-Qur’an digital yang dapat dibaca dan dibuka seperti ketika membaca mushaf al-Qur’an sebagaimana biasa yang dilengkapi dengan ayat-ayat yang berwarna-warni sebagai petunjuk hukum bacaan tajwid,program ini sangat berguna bagi guru-guru yang akan mengajarkan membaca al-Qur’an di kelas seccaera klasikal.
2.    Program Al-Qur’an in Word
       Program al-Qur’an in word adalah program penulisan teks ayat al-Qur’an lengkap dengan harakat dan terjemahannya dalam beberapa bahasa yang diaplikasikan pada program microsoft word. Program ini sangat membantu bagi kita umat islam yang ingin menulis ayat al-Qur’an dengan mudah tanpa khawatir muncul kesalahan dalam penulisan ayat.
3.    Program Penghitung Zakat
       Program ini adalah program yang membantu umat muslim untuk menghitung zakat maal/ profesi yang dapat menentukan apakah ia termasuk seorang yang berhak mengeluarkan zakat atau tidak.
4.    Program Waris
       Program ini merupakan program aplikasi penghitungan harta warisan.

Tidak ada komentar: